Kenali Jenis Kayu Sebelum Membeli

Kenali Jenis Kayu Sebelum Membeli

Setiap pohon akan miliki karakter dan manfaat yang berbeda. Ciri khas ini dapat dijadikan acuan untuk penggunaan yang sesuai. Indonesia memiliki jenis kayu yang banyak dan tersebar di seluruh Nusantara. Iklim tropis menjadikan hutan kita ditumbuhi pohon yang memiliki struktur kuat.

Apakah Anda tinggal di daerah Batam? Kota ini memiliki banyak produsen kayu yang berkualitas baik. Banyak toko menjual kayu Batam dengan kualitas baik. Produsen kayu ini akan memiliki koleksi kayu yang banyak agar dapat menjadi alternatif pilihan bagi konsumennya. Calon pembeli sebaiknya mengetahui jenis kayu agar dapat menyesuaikan benda yang akan dibuat.
Kayu jati

Kayu jati banyak diperoleh dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Karakter kayu ini sangat kuat sehingga cocok jika digunakan sebagai bahan kontruksi dasar bangunan seperti tiang, rangka, dinding dan lainnya.

Kayu jati sering dijadikan alat rumah tangga yang memilki nilai seni tinggi seperti meja, kursi, lemari, tempat tidur dan peralatan rumah tangga lainnya. Harga fantatis juga sering menjadi ciri khas jenis kayu ini karena kualitasnya yang istimewa.
Kayu mahoni

Kayu mahoni memilki kualitas yang hampir sama dengan kayu jati. Kayu ini biasa digunakan untuk bahan kontruksi bangunan, furnitur, alat musik dan benda seni lainnya. Kayu mahoni banyak berasal dari daerah Jawa. Memiliki tekstur halus dan tahan terhadap penyusutan dan perubahan bentuk.

Kayu sengon
Pohon ini mudah sekali tumbuh subur di hutan Indonesia. Kayu sengon biasanya digunakan untuk membuat peti, perahu, papan, bahan pembuatan kertas, serta kayu bakar. Saat ini harga kayu sengon sudah mulai tinggi karena banyaknya permintaan. Sifatnya ringan dan mudah diolah, sehingga banyak disukai oleh masayarakat maupun pengusaha bidang perkayuan.

Kayu meranti
Pohon meranti banyak terdapat di hutan tropis, termasuk di Indonesia. Kayu yang memiliki struktur keras ini banyak digunakan sebagai bahan kontruksi bangunan atau furnitur. Kayu ini memilki dominasi warna merah kecoklatan, semkain tua warna kayu menandakan usianya yang tua dan memiliki kulitas lebih baik.

Kayu kelapa
Pohon yang banyak ditemukan di berbagai daerah ini memang memiliki banyak sekali manfaat. Batang kelapa punya serat kuat yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai benda. Pastikan Anda memilih kayu yang tua dan mengolahnya dalam keadaan basah. Kayu ini cocok untuk pembuatan lantai atau papan.

Kayu cendana
Aroma khas dimiliki kayu cendana yang sudah mendunia ini. Tekstur kayu yang kuat banyak diminati orang untuk dijadikan bahan bangunan, furnitur, kerajinan tangan, bahkan kecantikan. Kayu yang diolah terlebih dulu akan dijadikan minyak yang menghasilkan wangi dan banyak dimanfaatkan sebagai aroma terapi dan bahan dasar produk kecantikan.

Demikian beberapa jenis kayu yang populer di Indonesia. jual kayu di batam terlebih dahulu jenis kayu yang sesuai dengan kebutuhan. Pastikan memilih produsen kayu yang terpercaya.

LaMonte